Hal-Hal yang Sulit di Tahan Disaat Bulan Ramadhan

Posted by Wahyu basofii on Senin, 15 Juli 2013

hal yang tak bisa ditahan saat menjalankan ibadah puasa - wahyu onlySeperti yang kita ketahui di bulan ramadhan, bukan hanya menahan rasa haus dan lapar dari pagi hingga petang. tetapi Banyak sekali tantangan dan cobaan yang terbilang sepele namun sulit dihadapi.
Cobaan-cobaan itu bukan hanya sekedar melihat anak kecil disekitar kita yang makan dengan lahap (semangat), iklan minuman atau makanan di televisi bisa saja malah ada teman yang sengaja mengirimkan gambar-gambar makanan lesukaan kita difacebook,twitter ataupun yang lainya.

Namun cobaan yang sering membatalkan atau menghilangkan Ibadah puasa adalah sikap kita yang tak dapat terkontrol, entah itu marah-marah, ya namanya lagi emosi, kadang memang suka susah ditahan. berikut contohnya ! 
hal yang tak bisa ditahan saat menjalankan ibadah puasa
1. Gosip

    gosip identik dengan kaum hawa, biasanya merupakan hal simple namun paling sulit di cegah. Tak jarang orang yang sudah niat tidak membicarakan orang, malah jadi kebablasan. Di setiap lingkungan pasti tak terlepas dari gosip, entah itu membicarakan teman sekantor, teman sekelas atau tetangga. Sulit memang menghindari cobaan yang satu ini, belum lagi acara televisi di Indonesia pagi-pagi sudah menyiarkan berita gosip. Bagi sebagian orang tak hanya cewek, bergosip memang merupakan aktivitas yang menyenangkan, namun jika dapat memberikan efek jelek bagi yang digosipin.


2. Mengumpat

    Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali mengeluarkan kata-kata yang semestinya tidak harus kita ucapkan. Mengumpat sendiri sering diartikan mengucapkan sumpah kecil. Mengumpat biasanya dilakukan seseorang yang dalam keadaan emosi atau marah. Dalam melaksanakan ibadah puasa, umat muslim dianjurkan untuk bisa menahan diri dari sifat yang mudah marah. Memang mengumpat sering kali tak sengaja dilakukan misalnya dalam keadaam macet, seringkali Kita tanpa sengaja mengumpat orang-orang yang telah menghambat lancarnya perjalanan. Untuk menghindarinya adalah berusaha bersikap sabar.


3. Berprasangka

    Seringkali Kita mendengar orang berbicara dengan nada pesimis sinis, negatif, ragu-ragu, minder dll.Atau ada di antara kita yang suka menghukumi dan menghakimi suatu perkara dengan hanya berdasar pada bukti dan data yang sangat sedikit. Sikap seperti ini lah yang membuat kita sering kali berprasangka buruk terhadap orang lain. Nah, untuk menghindari diri kita dari sifat ini, Kita harus mencoba percaya terhadap orang lain, terbuka, apa adanya, dan perbanyak beramal.


4. Berbohong

    Meskipun ada yang bilang berbohong demi kebaikan itu boleh-boleh saja, namun sebaiknya jangan dilakukan. Karena apa yang menurut Kita baik, belum tentu baik bagi orang lain. Cara yang paling ampuh untuk mengatasi bohong adalah menanamkan iman serta berusaha untuk selalu jujur. Dan selalu ingat ya, bahwa kejujuran itu adalah awal dari kesuksesan.


5. Mengeluh

    Tak heran, karena di jam-jam tertentu perut orang menjalankan ibadah puasa tengah mengalami puncak lapar dan haus. biasanya emosi dan sifat labil tengah tinggi-tingginya. Mengeluh akan dehidrasi, lapar dan lemas sering kali dilontarkan oleh seseorang yang tengah berpuasa, padahal sifat ini dapat mengurangi bahkan menghilangkan pahala puasa. sebaiknya kita harus memilki kegiatan yang dapat mempersingkat waktu. Di anjurkan untuk melakukan kegiatan seperti mendengarkan ceramah atau kegiatan positif lainnya.


6. Memikirkan Makanan

    Seringkali kita memikirkan menu untuk berbuka puasa, bahkan sangkin asiknya Kita sering lupa waktu. memikirkan makanan hampir sama dengan mengeluh, cuma bedanya disini kita hanya berfikir tanpa berucap. memikirkan untuk membuat menu berbuka boleh boleh saja, akan tetapi apa boleh kalau sering sering memikirkan  makanan dan minuman, :D


7. Pacaran

    dan yang terakhir adalah Pacaran saat berpuasa disiang hari rentan membuat batal puasa. Hal ini dikarenakan para remaja yang tengah pacaran, kurang bisa menahan nafsu mereka. Untuk itu, coba hindari berpacara selama bulan puasa, pasti kita gak mau kan kualitas puasa kita berkurang atau bahkan batal cuma gara-gara sejam-dua jam kita ketemu pacar. Pacaran sih boleh saja, saran Saya sih Sebaiknya selama bulan puasa hindari dulu deh pacaran khususnya di siang hari, nah pas mendekati berbuka puasa kan bisa tuh jalan bareng pacar untuk sekedar nyari makanan berbuka.

bagaimana sobat, apakah sobat salah satunya diaantara golongan diatas,,, ngaku aja deh ,,hahaha bercanda sob :p
Judul : Hal-Hal yang Sulit di Tahan Disaat Bulan Ramadhan
URL : http://wahyu-only.blogspot.com/2013/07/hal-yang-sulit-di-tahan-disaat-bulan-ramadhan.html

69 komentar:

  1. betul mas wahyu, itu fakta, tanpa gosip kata cwe terasa hampa hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha kalo cewek sudah kumpul,pasti ngegosip :D

      Hapus
    2. mungkin buat Mba Maya beda kali ya hehe

      Hapus
  2. Hmmm smoga kuat yah menahan godaan....

    BalasHapus
  3. 1 hal lagi yang sulit di tahan di bulan puasa ,, di kamar mandi lagi pegang sabun gan :D hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabunya buat apa mas..kalo buat mandi sih gpp...tp kalo buat yang lain... :p

      Hapus
    2. oh iya juga ya, pikiran saya yg terlalu @@,

      Hapus
  4. kunjungan pertama gan, kunjungan baliknya ya biar akrab.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sipp... Makasih buat kunjunganya :)

      Hapus
  5. kalo nmer 7 buat saya nggak mungkin, krena nggak punya pacar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... saya juga gk punya pacar kok mas :) :D

      Hapus
  6. Emmm, kasian deh buat yang jomblo baca nomor terakhir.wwjkwkwkkw. pisss

    BalasHapus
  7. Kalo sy paling gak sabar..nunggu THR..turun mas wahyu hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo masalah THR semua pasti gak sabar mas :D

      Hapus
  8. seep
    kunjungi juga

    http://elephant-id.blogspot.com/2013/07/minuman-khas-indonesia-sehat-buat-buka.html

    BalasHapus
  9. berbohong emang agak sulit sob untuk dihindari

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas,,, tapi lebih baik jujur saja, dari pada masalahnya ntar tambah rumit ;)

      Hapus
  10. Inilah godaan yang harus kita tahan dan lawan dibulan puasa ini.Semoga puasanya tetap lancar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin,,,semoga sampai 1 bulan penuh ya mas :)

      Hapus
  11. :b :b :b
    siipp... dan juga gak boleh marah2
    hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe,, bener mbak, itu juga termasuk ^_^

      Hapus
  12. sulit bukan berarti gk bs dihindari, cz bnyk cara agar bs aman, *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. sippp,, saya setuju sama mas rohis,,, banya kcaranya agar bisa terhindar dari golongan diatas :-bd

      Hapus
  13. alhamdulillah mas, saya gak punya pacar

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah masnya curhat ya,,,hehehe

      saya juga gk punya kok :p

      Hapus
  14. Ane sih tantangan utamanya mengeluh . Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan suka ngeluh mas... disyukuri aja :)

      Hapus
  15. kalo gosip diartikan membicarakan orang lain tanpa adanya fakta, ini masih bisa dihindari, tapi kalo gibah yg berarti membicarakan orang lain dg adanya fakta, ini sangat sulit dihindari. kalo gosip lebih dekat dg fitnah, tapi kalo bicarain orang walau ada fakta yg benar terjadi saja dilarang agama ini super sulitnya. gak semua bisa menghindari diri dari membicarakan orang walau itu benar.
    kalo memikirkan makanan minuman itu hal biasa yg dilakukan, misal ibu2 rumah tangga, ya gapapa. tapi kalo dilakukan ama yg gak biasa, sampe alay, ngiler, mandangin buku2 resep masakan, dll sampe ngiler, dan ini berarti berlebihan, sy pikir akan mengurangi kekhusukan sj.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, sangat setuju dengan pernyataan mas ;)

      Hapus
  16. memikirkan makanan dan mengeluh sering mas,.. jd hukumnya kurang bgs juga ea... hmm..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak.. gk bagus karena bisa mengurangi pahala dari puasa tersebut..

      Hapus
  17. Balasan
    1. Kalo kebanyakan tidur gk bagus juga mas..

      Hapus
  18. biar lebih hidmat lg ya gan mendingan hindarin yang di atas ya :D

    BalasHapus
  19. Mengantuk Mas wahyu..., heheheheh..., kalau masalah lapar dan haus itu biasa Mas, tapi kalau ngantuk , hmmmm..bisa sih nahan tapi nguap terussss...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mas.. saya juga suka nguap melulu.. Tpi coba deh basuh wajah mas boku dengan air wudhu.. Insyaallah pasti seger lagi =D

      Hapus
  20. Betul gan, setelahbaca artikel page ini ternyata banyak juga yah kekurangan puasa tanpa kita sadari.
    Nah untuk poin yang ke tujuh tuh.. ane setuju banget gan.
    Soalnya kalau ketemu pacar.. pokoknya buyar deh konsentrasi, hehehe.

    BalasHapus
  21. semoga bisa puasa penuh
    amin

    BalasHapus
  22. hehehe kalo ngelihat makanan kira trus dipikrin terus batal nggak yah :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak mas.. Cuma pahalanya yg berkurang :p

      Hapus
  23. pacaran ini yang sulit ditahan, habis sang pacar sms dan ngajak jalan-jalan terus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sms an sih gk masalah mas blangkon =D

      Hapus
  24. Wah artikelnya sangat bermanfaat nih sob, share terus yang seperti ini yah saya akan berkunjung lagi nanti, salam blogger semoga sukses.
    Jangan lupa mampir keblog saya http://rizkyseo.blogspot.com

    BalasHapus
  25. teman2 saya ganti domain nie
    jangan lupa kunjungi ya
    thanks :)

    BalasHapus
  26. semoga semuanya bisa diatasi hingga hari kemenangan tiba ya :-)

    BalasHapus
  27. semoga kita bisa mengatasi semua hal tersebut diatas hingga hari kemenangan tiba...salam :-)

    BalasHapus
  28. gosip nih yang paling susah ngilangin nya

    BalasHapus
  29. Kalau saya yang memikirkan makanan itu mas yang paling berat :)

    BalasHapus
  30. 1-6 bener sob, susah tuh buat nahan, kalo nomer 7 mmang gak punya jadi gak apa2
    klo nahan lapar mmang gampang, tapi klo yg tujuh itu jauh lebih sulit

    BalasHapus
  31. hadir kembali demi hal hal yang sulit ditinggalkan :)

    BalasHapus
  32. yang pacaran sulit di tahan terutama bai pelajar yang satu sekolahan

    BalasHapus
  33. Ingat..,!! Kesempatan tidak akan datang untuk ke-2 kali……!!!
    Kami Hadir Utk Menjawab Kebutuhan Anda.Terhadap Produk Elektronik.Transaksi Aman DanTerpercaya.Kami Menawarkan Berbagai Jenis Type HP,LAPTOP dan CAMERA.DLL, Dgn Harga TERJANGKAU/ SUPER PROMO DI GUNUNG MAS PONSEL TEMPAT BELANJA ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA. 100% BEBAS PENIPUAN
    MINAT PIN BB: 582F8501 HUB/SMS:0851-4515-5828 klik web resmi kami di http://gunungmas-phone.blogspot.com/
    Ready Stock! Samsung Galaxy A8 Rp.2.900.000
    Ready Stock! oppo R5 Rp.3.000.000
    Ready Stock! Apple iPhone 5 32GB Rp.2.500.000
    Ready Stock! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy A3 A300H Rp.1.500.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy A5 A500F Rp.2.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy E5 E500H Rp.1.500.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.800.000.
    Ready Stock! Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB Rp.2.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy S3 I9300 .Rp.1.500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy S6 32GB Rp.3.300.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.000.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note 5 Rp.4.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note 4 SM-N910H Rp.3.500.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note 3 Rp.2.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.2.000.000,
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S4 l9500 Rp.1.500.000

    BalasHapus

------------------------------------------------------------------------------------------
Catatan:
• Dilarang menulis link aktif!
• Dilarang ngiklan di kolom komentar!
• Kritik dan Saran sangatlah dibutuhkan, agar blog ini menjadi blog
yang lebih berkualitas.

Thank's
------------------------------------------------------------------------------------------


Flag Counter