5 Khasiat Sehat Madu Serta Cara Memilih Madu Berkualitas Baik

Posted by Wahyu basofii on Jumat, 06 September 2013

5 khasiat sehat madu - wahyu only
Wahyu only Madu telah memiliki sejarah penggunaan, termasuk dalam penyembuhan, yang sangat panjang. Ilmu pengetahuan modern juga mengungkap kandungan antibakteri dan antiinflamsi dalam madu.
Meski mengandung kadar gula yang tinggi, namun madu memiliki berbagai khasiat positif bagi kesehatan. Baru-baru ini penelitian mengungkap manfaat madu untuk meredakan batuk balita di malam hari.
Selain meredakan batuk dan membuat tidur lebih tenang, berikut adalah beberapa khasiat madu yang menganggumkan :
1. Antibiotik oles
Penelitian menunjukkan beberapa penyakit kulit, seperti luka bakar, tergores, hingga bekas jahitan operasi, memberikan respon pada "terapi madu" yang dioleskan di bagian luka. Kandungan alami madu berupa hidrogen perioksida yang diproduksi dari enzim lebah diduga bekerja seperti antibiotika alami sehingga punya daya menyembuhkan.
2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Madu sangat kaya akan polifenol, jenis antioksidan yang membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas, yang bisa memicu penyakit kanker dan penyakit jantung.
3. Mengurangi gatal
Kandungan anti-inflamasi dalam madu terbukti membantu mengurangi rasa gatal dan iritasi akibat gigitan nyamuk.
4. Mengobati jerawat
Menurut penelitian awal, madu jenis Manuka dan Kanuka efektif mengatasi jerawat vulgaris, yakni gangguan kulit yang disebabkan oleh inflamasi dan infeksi folikel pilosebaceous di wajah, punggung, atau dada.
5. Meredakan gangguan pencernaan
Dalam penelitian tahun 2006 yang dipublikasikan dalam BMC Complementary and Alternative Medicine, para peneliti menyimpulkan bahwa mengganti gula dengan madu dalam makanan yang diproses akan meningkatkan mikroflora dalam usus. Tetapi penelitian itu baru dilakukan pada tikus laboratorium.

Dan sebagai konsumen, tentu kita harus lebih teliti dalam memilih madu karena banyak produk yang mengklaim madu asli. Kualitas madu sangat ditentukan oleh sumber nektar, kualitas tanah tempat tanaman sumber nektar tumbuh, cuaca, derajat pemasakan, dan cara ekstraksi.Berikut adalah tips memilih madu berkualitas :
1. Perhatikan kadar airnya
Madu yang baik tidak terlalu encer. Kalau sangat encer, artinya madu itu sudah dicampur air. Cara mengeceknya adalah dengan menuangkan madu dari botolnya. Madu yang mengeluarkan gelembung lebih cepat berarti memiliki kadar air lebih tinggi. Kendati begitu, parameter ini bergantung pada peternakan lebah dan musim yang berlangsung. Pada musim penghujan, biasanya madu yang dihasilkan lebih encer.
2. Kebersihan madu
Sebelum memilih, pastikan tidak ada serpihan debu atau jenis kotoran lain di dalam madu. Madu yang kotor menandakan proses penyaringan yang tidak sempurna. Kendati begitu madu dengan kandungan serbuk sari tinggi biasanya agak keruh.
3. Warna madu
Kandungan mangan, besi, sulfur, klorn, potasium, magnesium, dan sodium membuat madu berwarna lebih gelap. Derajat keasaman yang tinggi juga menyebabkan madu berwarna lebih gelap. Aroma madu berwarna gelap juga lebih kuat dibanding yang berwarna terang. Namun warna madu tidak tetap, dan bergantung pada jenis bunga yang digunakan.
Judul : 5 Khasiat Sehat Madu Serta Cara Memilih Madu Berkualitas Baik
Label :
URL : http://wahyu-only.blogspot.com/2013/09/5-khasiat-sehat-madu.html

6 komentar:

  1. wah khasiatnya bagus-bagus ya gan

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. makasih gan info nya

    Sangat berguna sekali :D

    BalasHapus
  4. Wahh ,, madu sangat bermanfaat bagi tubuh kita :)

    BalasHapus

------------------------------------------------------------------------------------------
Catatan:
• Dilarang menulis link aktif!
• Dilarang ngiklan di kolom komentar!
• Kritik dan Saran sangatlah dibutuhkan, agar blog ini menjadi blog
yang lebih berkualitas.

Thank's
------------------------------------------------------------------------------------------


Flag Counter