Cerita Sedih Bung Karno Yang Tak Mampu Beli Seikat Rambutan

Posted by Wahyu basofii on Kamis, 20 Juni 2013

Cerita Bung Karno Yang Tak Mampu Beli Seikat RambutanCerita Bung Karno Yang Tak Mampu Beli Seikat Rambutan - Siapa  yang tidak tahu Bung karno, pasti semua Rakyat Indonesia Tahu presiden pertama dan selamanya bagi Indonesia ini. seperti halnya judul diatas seorang presiden pasti mampu membeli seikat buah rambutan. Jangankan seikat, satu gerobak pun pasti mampu dibeli olehnya.

Namun, tak demikian dengan Presiden Soekarno, Presiden yang satu ini tak mampu membeli seikat rambutan karena tak memiliki uang. Tidak percaya ? kalau begitu simak cerita dibawah ini. mungkin kita sangat sedih kalo membaca cerita singkat ini, sama halnya seperti saya yang meneteskan air mata ketika membaca cerita ini.dari pada penasaran mending langsung saja lihat cerita berikut ..

Ceritanya, setelah Soeharto diangkat menjadi pejabat presiden RI pada maret 1967, kehidupan Bung Karno begitu dibatasi oleh pemerintah. Bung Karno tak boleh masuk Jakarta dan hanya boleh berada di Bogor. Saat itu Bung Karno tinggal di Paviliun Istana Bogor.

Meski telah ditetapkan sebagai tahanan politik oleh pemerintahan Soeharto , Bung Karno tak pernah menampakkan kesedihannya kepada orang lain. Bung Karno masih sering jalan-jalan keliling kota untuk melihat situasi dan kondisi rakyat. Suatu ketika, Bung Karno tengah berkeliling kota dengan menumpangi mobil VW Combi.

Tiba-tiba Bung Karno meminta ajudan perempuannya, Putu Sugiarti, untuk membeli satu ikat rambutan dari pedagang rambutan di pinggir jalan.

"Tu, beli rambutan.' Saya tanya 'Uangnya mana?' 'Sing ngelah pis,' ujarnya dalam bahasa Bali yang berarti saya tidak punya uang. Jadi pakai uang saya," demikian cerita Putu Sugiarti dalam buku 'Hari-Hari Terakhir Sukarno' Karya Peter Kasenda, terbitan Komunitas Bambu.
Putu Sugiarti lantas menuruti perintah Bung Karno . Dia tahu betul Bung Karno sangat menyukai rambutan rapiah. Dia lantas mencicipi terlebih dahulu rambutan itu di tempat pedagangnya.

"Bang antarkan ini ke bapak yang di mobil itu, yang kepalanya botak," kata Putu. Saat itu Bung Karno sudah tak lagi mengenakan peci dan kacamata.

Pedagang rambutan itu pun menuruti permintaannya. Dia langsung mengantarkan rambutan itu ke mobil. "Dia antar. Bung Karno bertanya dengan suara khasnya, 'Benar manis?," tanya Bung Karno .
Sadar pria di dalam mobil adalah Bung Karno , pedagang rambutan itu langsung histeris. Dia langsung memberitahukan kepada semua orang ada Bung Karno di dalam mobil.
' Hoi... ada Bung Karno .' Suasana pun berubah menjadi geger."dan Besoknya saya dimarahi komandan," kata Putu.

Ke depan, Bung Karno dijadikan tahanan rumah oleh pemerintahan Soeharto . Gerak geriknya selalu diawasi dan dibatasi. Bahkan keluarganya sendiri dipersulit untuk menemuinya.
 

Bung Karno dijauhkan dari rakyat yang dicintainya. Sang proklamator dibuat seolah-olah hidup seorang diri. Bung Karno dizalimi bangsanya sendiri. Beliau memang sosok presiden yang tak memanfaatkan jabatan untuk mengumpulkan pundi-pundi kekayaan. bahkan, hingga akhir hayatnya, rumah pun dia tak punya.

Mungkin hanya cerita ini yang bisa saya bagikan kepada sobat sobat semua kisah sedih Tentang Kehidupan Bung karno sehabis Menjabat jadi Presiden RI. Sungguh teladan yang patut ditiru dan cermin bagi para Pejabat yang saat ini gemar menumpuk kekayaan lewat korupsi. semoga kita bisa terus melajutkan mimpi - mimpi presiden kita ini dan bisa lebih menghargai Arti kemerdekaan yang telah di berikan kepada kita saat ini dengan melakukan hal hal yang positif. Amin

Sumber: Merdeka.com
Judul : Cerita Sedih Bung Karno Yang Tak Mampu Beli Seikat Rambutan
Label :
URL : http://wahyu-only.blogspot.com/2013/06/cerita-bung-karno-yang-tak-mampu-membeli-rambutan.html

40 komentar:

  1. pertamax gan..enak untuk dibaca gan..mau nanya gimana caranya agar dapat pagerank dari google..sekedar pengalaman aja gan gpp

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm.. pertanyaan yang sulit bagi saya mas.. @@, karena saya blogger pemula,, coba cari saja artikel tentang mendapatkan pagerank di google, banyak kok :)... maaf sebelumnya gak bia jawab :(

      Hapus
    2. feb,,,, kemana" tanya PR, ,,,,, hehehehe, ,

      Hapus
  2. Kalau soekarno masih ada, sepertinya akan ada cerita sedih bung karno yang tak mampu membeli BBM (?) wkwk #istighfar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe dipapua bbm memang mahal,, 70rb 1 liter :D :p

      Hapus
    2. masak sOb? mahal jga
      padahal papua juga penghasil minyak

      Hapus
  3. Sedih jga bacanya,,,,,

    Makasih sOb dah berbagi cerita presiden pertama indonesia
    di tggu cerita berikutnya ,,,

    BalasHapus
  4. masih banyak dari rakyatnya yang masih merindukan akan sosok nya ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga rindu mas sama pemimpin yang berwibawa dan tegas seperti beliau.

      Hapus
    2. masak sih bisa rindu,,,
      padahal g pernah ngerasain pimpinanan beliau

      Hapus
  5. Pahlawan Indonesia ini sangat sekali saya rindukan. dan ingin sekali menemuinya jika masih ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas. . . saya pun ingin bertemu denganya :)

      Hapus
    2. mari qta ziarah ke makam beliau

      Hapus
  6. Kapan ya sob indonesia punya pemimpin seperti beliau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga bingung. Kapan indonesi punya pemimpin kayak bung karno

      Hapus
  7. hmm...

    saat sakit & sampai akhir hayatnya pun bung karno dipersulit oleh Penguasa orde lama ...


    kapan indonesia punya pemimpin kayak sukarno lagi ya bro ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk tau saya mas. . . Mungkin suatu saat nanti :)

      Hapus
  8. saya belum tau cerita ini... memang belajar sejarah di Sekolah sangat minim. Kalau mau tau banyak harus rajin baca buku sehingga kita gak menjadi Jas Merah kalau kata Bung Karno (Jangan Melupakan Sejarah) karena darinya kita bisa ambil banyak pelajaran ,. Keren sob ceritanya :-bd

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya Makasih sudah kunjung. . . Memang benar mbak jas merah, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan para pahlawanya..

      Hapus
    2. Heroik...banget nih komennya mas wahyu..
      Merdekaa...

      Hapus
  9. ijin nyimak ya gan :)
    salam kenal dari kami outbond di malang :)
    jangan lupa kunjungi kami di website kami : http://www.nolimitadventure.com/

    BalasHapus
  10. Mudah-mudahan kita bisa menjadi penerus bung karno ya mas.. Karen kalau bukan kita sebagai pemuda siapa lagi.. :(

    BalasHapus
  11. nyeri nie baca ceritanya bung karno, bikin orang nangis :(

    COme back :-bd

    BalasHapus
  12. aku ingin presiden yang skrang dan yg akan datang macam Ir. Soekarno :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling gak..soal ketegasan sama sifat yg bersehajanya ya mas :)

      Hapus
  13. proklamator yg jadi kebanggaan kita semua...saya pecinta biografinya pak karno lho... :)

    BalasHapus
  14. baru dgr ni cerita.., jd bertambah ni pelajaran sejarahnya *smile

    BalasHapus
  15. saya begitu merinding , terharu, bahkan akan meneteskan air ketika membaca singkat cerita ini, sungguh aku rindu pada beliau
    :(

    BalasHapus
  16. rasanya rindu dengan kepemimpinan Soekarno, walaupun belum pernah mengalami. :)

    BalasHapus
  17. Padahal sudah berjuang untuk negara Indonesia.
    Tetapi Negara malah membuatnya sengsara :(

    Nice Posting deh Gan :)

    BalasHapus

------------------------------------------------------------------------------------------
Catatan:
• Dilarang menulis link aktif!
• Dilarang ngiklan di kolom komentar!
• Kritik dan Saran sangatlah dibutuhkan, agar blog ini menjadi blog
yang lebih berkualitas.

Thank's
------------------------------------------------------------------------------------------


Flag Counter